Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi menurut islam

On Sabtu, 02 Oktober 2010 0 komentar

Ilmu, pegetahuan dan teknologi merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi umat manusia, di dalam al-Qur'an sendiri ayat yang pertama turun adalah Q.S. Al-‘Alaq (96) : 1-5 yang menjelaskan tentang perintah membaca. Dengan demikian Allah memberi isyarat bahwa ilmu adalah landasan utama dalam melaksanakan segala bentuk aktifitas. Sebagai kenyataan kehidupan, Franz Rosenthal, melihat bahwa pada zaman abad pertengahan, ilmu berkembang menjadi konsep yang sangat sentral dalam masyarakat muslim. Sebenarnya tidak ada satu konseppun, yang secara operatif berperan menentukan dalam pembentukan peradaban (kebudayaan) manusia di segala aspeknya, yang sama dampaknya dengan konsep ilmu.
Di abad modern saat ini, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat namun pada kenyataannya perkembangan pesat itu telah terjaadi sekat-sekat ilmu pengetahuan, Sebagian menganggap ilmunya lebih baik dari yang lain. Oleh karena itulah dalam hal ini dibutuhkan suatu penyeimbang yaitu Agama. Agama tidak kalah pentingnya bagi kehidupan umat manusia. Agama di samping sebagai spirit peradaban, juga sebagai penyeimbang ilmu pengetahuan, agar tetap dalam rel-rel kemanusiaan. Agama membawa manusia pada suatu tingkat di mana ia menjadi sempurna dibandingkan dengan mahluk-mahluk lain dimuka bumi ini. Betapa manusia hanya hewan yang berakal, tanpa dilandasi agama.
Demikian urgensi ilmu, pengetahuan dan teknologi sehingga perlu pembahasan lebih lanjut yang insya Allah penulis uraikan dalam makalah ini, dengan mengacu pada berbagai literatur yang ada.

0 komentar:

Poskan Komentar